Tuesday, November 9, 2021

Hercules & the Wagoner

 


A Farmer was driving his wagon along a miry country road after a heavy rain.

Seorang Petani sedang mengendarai wagon (gerobak yg ditarik kuda) di sepanjang jalan pedesaan yang berlumpur setelah hujan lebat.

The horses could hardly drag the load through the deep mud, and at last came to a standstill when one of the wheels sank to the hub in a rut.

Kuda-kudanya hampir tidak dapat menarik muatannya melalui lumpur yang dalam, dan akhirnya terhenti ketika salah satu roda tenggelam ke lubang bekas roda.

The farmer climbed down from his seat and stood beside the wagon looking at it but without making the least effort to get it out of the rut.

Petani itu turun dari tempat duduknya dan berdiri di samping wagonnya sambil memandanginya tetapi tanpa sedikit pun berusaha mengeluarkannya dari lubang itu.

All he did was to curse his bad luck and call loudly on Hercules to come to his aid. Then, it is said, Hercules really did appear, saying:

Yang dia lakukan hanyalah mengutuk kesialannya dan memanggil Herkules dengan keras untuk membantunya. Kemudian, tersebutlah, Herkules benar-benar muncul, mengatakan:

“Put your shoulder to the wheel, man, and urge on your horses. Do you think you can move the wagon by simply looking at it and whining about it? Hercules will not help unless you make some effort to help yourself.”

“Letakkan bahumu ke kemudi, Bung, dan paculah kudamu. Apa kamu pikir kau bisa menggerakkan wagon itu hanya dengan melihatnya dan merengek tentangnya? Herkules tidak akan membantu kecuali kamu berusaha untuk membantu dirimu sendiri.”

And when the farmer put his shoulder to the wheel and urged on the horses, the wagon moved very readily, and soon the Farmer was riding along in great content and with a good lesson learned.

Dan ketika petani itu meletakkan bahunya ke kemudi dan memacu kudanya, gerobak itu bergerak dengan sangat cepat, dan segera si Petani pun mengendarai dengan sangat puas dan dengan pelajaran baik yang didapat.

Lesson of the Story

Pelajaran dari ceritanya

Self help is the best help.

God helps those who help themselves.

Bantuan sendiri adalah bantuan terbaik.

Tuhan membantu mereka yang membantu diri mereka sendiri.

New vocabulary (Kosa kata baru) :

  1. Miry : Berlumpur
  2. Country road: Jalan pedesaan
  3.  Heavy rain : Hujan lebat
  4. Drag : menarik
  5. effort : usaha
  6. To curse : mengutuk / memaki
  7. Appear  : muncul

Powerpoint : Download di sini (Click here to download) 


Ms. Word : Download di sini (Click here to download) 

 

Youtube :


No comments:

Post a Comment